Senin, 21 Januari 2013

Dukungan Google untuk Perpustakaan

Misi Google adalah mengatur informasi di dunia serta membuatnya dapat diakses dan bermanfaat secara universal. Menyediakan akses perpustakaan untuk teks akademis membuat kami selangkah lebih dekat ke tujuan tersebut. Kami berterima kasih pada perpustakaan dan pustakawan yang membantu merealisasikannya. 
Kami menyediakan 2 solusi yang akan memudahkan akses pengunjung ke referensi elektronik dan cetak di perpustakaan Anda bila menggunakan Google Cendekia.


Program Link Perpustakaan
Untuk perpustakaan yang menyediakan referensi melalui pemisah link, kini kami menyediakan pilihan untuk menyertakan link bagi pengunjung ke referensi tersebut sebagai bagian dari hasil pencarian Google Cendekia. 

Bagaimana cara kerjanya?
Pengguna di kampus yang berpartisipasi akan melihat link tambahan pada hasil pencarian Google Cendekia yang memfasilitasi akses ke referensi perpustakaan mereka. Link tersebut mengarah ke server perpustakaan, yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke artikel teks lengkap.

Baca tentang cara Perpustakaan Northwestern University meningkatkan akses ke koleksi elektroniknya menggunakan Link Perpustakaan Google Cendekia. 

Dukungan untuk Pencarian Perpustakaan
Untuk perpustakaan dengan koleksi yang tercantum di Open WorldCat OCLC, kami memiliki link untuk setiap hasil buku Google Cendekia yang mengarah ke database Open WorldCat agar pengguna dapat mencari buku di perpustakaan setempat. 

Bagaimana cara kerjanya?
Semua pengguna Google Cendekia akan melihat link 'Pencarian Perpustakaan' untuk hasil buku. Dengan mengklik link tersebut, pengguna akan diarahkan ke sistem WorldCat sehingga dapat mencari daftar perpustakaan terdekat yang memiliki buku yang diinginkan.

Kebijakan Link Perpustakaan

Penggunaan informasi koleksi elektronik oleh Google: Kami akan menggunakan informasi koleksi elektronik untuk membuat link setiap artikel pada hasil pencarian kami ke server perpustakaan. Kami tidak memberikan informasi tersebut kepada pihak ketiga.

Informasi penggunaan koleksi perpustakaan: Kami tidak akan memberikan informasi penggunaan koleksi elektronik Anda atau penggunaan gabungan berdasarkan karakteristik atau profil institusi kepada pihak ketiga.

Perpustakaan dapat menghapus informasi koleksi elektronik: Perpustakaan dapat meminta kami menghentikan penggunaan informasi koleksi elektronik yang sebelumnya tersedia, baik secara otomatis dengan menghapus informasi koleksi, atau secara manual dengan mengirimkan permintaan. Setelah informasi tersebut tidak tersedia lagi, kami akan menghentikan penggunaannya dalam waktu 30 hari. 

Dengan Google Cendekia ini seharusnyalah lebih mendorong pustakawan untuk menggunakan fasilitas yang ada di Google ini untuk lebih maksimal dalam penggunaan dan pemanfaatannya. Mari belajar bersama google :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar