Rabu, 28 November 2012

Pustakawan dan Twitter

Perkembangan jejaringan social (social media) semakin cepat dan semakin memudahkan setiap personal untuk mengupdate informasi melalui text (message) cepat maupun berita-berita dan fasilitas lainnya yang menarik.Perpustakaan sebagai lembaga jasa layanan informasi haruslah menyadari akan pentingnya twitter sebagai media social. Dan tentunya pemanfaatan yang baik dan bertujuan positif dari media social seperti twitter ini tentu akan berdampak baik juga buat pencitraan lembaga atau bahkan sebuah profesi. Pustakawan modern haruslah meningkatkan personality melalui pemanfaatan media social seperti twitter ini.


Twitter sendiri cukup mudah dalam pengoperasionalannya. Asalkan kita sudah mendaftar (register) dan aktivasi, kemudian login dengan account yang dipunyai, bisa update status cepat di twitter. Yang perlu diperhatikan maksimal huruf yang bisa diketik adalah 140 karakter. Karena sifatnya adalah pesan singkat maka twitter ini sangat efektif dalam memberitakan informasi secara singkat, padat dan jelas. Apalagi di perkembanga aplikasinya, twitter ini bisa mengupload foto. Pustakawan haruslah juga melihat kemudahan ini sebagai suatu upaya untuk lebih aktif dalam mempromosikan berita dan informasi terbaru yang ada di perpustakaan. Apalagi klo perpustakaan sudah mempunyai website dan account twitter tentu akan semakin mempermudah proses promosi organisasinya.

Pustakawan dan komunitas profesional bidang perpustakaan sudah sewajarnyalah menggunakan fasilitas twitter ini untuk menjalin komunikasi dan informasi singkat antar anggota dan komunitas. Kekuatan komunitas ada pada jalinan komunikasi yang intens dan terus-menerus yang selalu dibina antar anggota komunitas. Terlebih komunitas profesi seperi Pustakawan. Jadi, marilah kita bersama menangkap dan memaknai perkembangan jejaring social seperti twitter ini sebagai fenomena yang bisa menjadi sarana dan media peningkatan citra dan publikasi profesi pustakawan, tentunya agar ke depan profesi pustakawan lebih dipandang sebagai sebuah profesi yang profesional dan bisa sejajar dengan profesi yang lain. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar